Inovatif! OPPO X 2021 Hadir dengan Konsep Layar Gulung

OPPO X 2021
OPPO X 2021

SSetiap tahun, OPPO memperkenalkan teknologi terkini ke perangkat smartphone mereka melalui acara khusus bertajuk OPPO INNO DAY. Jadi, di tahun 2020 nanti, akan ada total tiga teknologi baru yang diperkenalkan dari pabrikan elektronik yang berbasis di Shenzhen ini. Di antara ketiganya, terdapat teknologi layar terbaru untuk smartphone. Perangkat yang masih konsep disebut OPPO X 2021.

Dilihat dari tampilannya, perangkat ini terlihat sangat minimalis, dengan fokus utama tentunya pada layar depan. Membawa pencapaian terbaru dari tim riset dan pengembangan (R&D) OPPO, OPPO X 2021 mengusung desain layar roll pertama di dunia.

OPPO X 2021 adalah satu dari tiga perangkat yang diperkenalkan dengan tema "Lompatan ke Masa Depan", mempromosikan "Teknologi untuk Umat Manusia, Baik untuk Dunia" dan "inovasi bijak". OPPO juga mengungkapkan strategi pengembangan teknologi "3 + N + X" untuk pertama kalinya, yang juga akan kita bahas nanti.
Baca juga: Harga Murah! OPPO A92 6GB & Reno4 Pro Cashback Hingga Rp 1 Juta

Teknologi Layar Roll Baru di OPPO X 2021

Pengertian "roll screen" yang digunakan OPPO di seri X 2021 tidak sama dengan konsep menggelar tikar, melainkan sedikit berbeda. Konsep ini dihadirkan dengan tujuan yang sama seperti smartphone layar lipat, yakni menyediakan format smartphone dan tablet dalam satu perangkat. Alias, memiliki dua ukuran layar sekaligus, untuk fleksibilitas tinggi.

OPPO X 2021 menggunakan layar OLED variabel kontinu, dengan ukuran layar terkecil 6,7 inci dan ukuran terbesar 7,4 inci. Dengan bezel tipis dan rasio yang bisa disesuaikan, saat menjadi layar terkecil, perangkat ini diklaim nyaman digunakan hanya dengan satu tangan.

Sedangkan dimensi layar yang besar tentunya ditujukan untuk mereka yang menginginkan konsumsi multimedia yang lebih memuaskan, atau penggunaan fitur multitasking yang lebih lega. Lalu bagaimana OPPO menghadirkan teknologi layar gulung ini? Yakni dengan menghadirkan tiga penemuan teknologi baru, yang sepenuhnya menjadi milik OPPO.

Baca:  Seperti Inilah Tampang Smartphone OPPO K7x yang Siap Diluncurkan

OPPO X 2021

Ketiganya adalah Powertrain Roll Motor, 2-in-1 Plate dan laminasi layar berkekuatan tinggi yang disebut Warp Track. Khusus pada perangkat OPPO X 2021, sebanyak 122 paten telah diajukan, dan 12 di antaranya khusus untuk mekanisme scroll screen. Dengan penggunaan dua buah motor di bawah layar, bagian layar plastik tidak memiliki lipatan atau kelengkungan sama sekali, yang biasa ditemukan pada smartphone layar lipat.

Menjadi perangkat konsep, tentunya OPPO belum diberi kesempatan untuk memberikan kesempatan hands-on kecuali pada momen-momen tertentu saat acara berlangsung. Namun setidaknya konsep ini memiliki wujud nyata seperti pada video di atas. Tidak menutup kemungkinan jika nantinya akan diadaptasi menjadi smartphone baru di kemudian hari.

Teknologi OPPO X 2021 hadir untuk menjadi bagian dari strategi baru

OPPO X 2021

Tony Chen, Pendiri dan CEO OPPO, mempresentasikan strategi baru mereka yang disebut 3 + N + X. Angka “3” di depan mengacu pada tiga teknologi dasar; perangkat keras, perangkat lunak, dan teknologi layanan. Sedangkan huruf "N" mewakili sejumlah kemampuan unggulan OPPO seperti AI, keamanan, privasi, multimedia dan interkoneksi.

Sedangkan huruf terakhir, "X" mengacu pada teknologi diferensiasi terdepan, serta sumber daya strategis seperti teknologi pengisian cepat, yang meningkatkan pengalaman pengguna. "OPPO percaya bahwa pengembangan teknologi harus memberikan manfaat bagi pengguna, sementara semua kerumitan adalah bagian dari kami," kata Levin Liu, Wakil Presiden OPPO dan Kepala Institut Riset OPPO.

Ini adalah acara teknologi kedua untuk OPPO INNO DAY. Ke depannya, OPPO akan terus berkolaborasi dengan mitra, membangun masa depan teknologi yang lebih manusiawi, dengan manusia sebagai tujuan utama inovasi perusahaan.