Instagram Tingkatkan Limit Sesi Live Streaming Hingga 4 Jam

Instagram Live
Instagram Live

P.Penggunaan platform media sosial berbasis video kini semakin banyak digunakan oleh masyarakat. Baik kreator konten profesional maupun pengguna biasa, menggunakan platform seperti TiKTok dan Instagram untuk berbagi berbagai jenis konten, baik personal maupun edukatif. Dengan begitu, kedua belah pihak terus menyempurnakan fiturnya agar selalu menarik untuk digunakan.

Menjadi salah satu platform media sosial terpopuler, Instagram baru saja merinci tiga peningkatan baru yang akan dihadirkan khusus untuk Instagram Live. Peningkatan ini dimaksudkan agar pembuat konten dapat lebih leluasa membuat konten, serta konten yang dibuat lebih mudah diakses oleh penonton. Salah satunya dengan menambah durasi siaran langsung.

Ya, sebelumnya Instagram memberikan durasi untuk live atau siaran langsung selama 60 menit. Saat mencapai batas waktu, hitungan mundur akan muncul di layar untuk mengingatkan pengguna. Otomatis video tersebut harus sudah selesai dan pembuatnya harus membuat sesi Instagram Live baru. Batas ini sekarang telah dikurangi.

Baca juga: Menjadi Pesaing TikTok, Berikut Fitur & Cara Menggunakan Instagram Reel

Meningkatkan Durasi Live Instagram Meminimalkan Gangguan

IGTV Live Sekarang

Batas waktu untuk setiap sesi Instagram Live akan ditingkatkan hingga empat jam. Dengan begitu, kreator dapat mengadakan siaran langsung tanpa gangguan, terutama untuk konten berdurasi panjang seperti diskusi virtual, acara musisi, dan instruktur seperti olahraga dan instruktur. Namun fitur ini hadir dengan beberapa catatan.

Instagram menyebutkan bahwa akun yang akan mendapatkan batas waktu empat jam di Instagram Live harus memiliki rekam jejak akun yang baik. Dalam hal ini, tidak memiliki riwayat seperti penyalahgunaan akun, kekayaan intelektual, atau pelanggaran kebijakan. Fitur ini diluncurkan untuk semua pengguna Instagram secara global.

Selain itu untuk menanggapi masukan dari kreator, Instagram akan menghadirkan kemampuan untuk menyimpan arsip tayangan Instagram Live. Arsip akan dapat diakses di menu yang sama, saat pengguna mengakses arsip postingan dan Instagram Stories. Namun durasinya lebih singkat, yakni hanya 30 hari. Dari sana, konten dapat diunggah dan diunggah secara bebas ke platform lain.

Baca:  Blibli #BagiBagiIlmu, Menjawab Tantangan Transformasi Digital di Dunia Pendidikan

Sedangkan fitur ketiga yang ditambahkan ada di aplikasi IGTV. Selain pilihan konten Live Instagram yang dikurasi menurut masing-masing pengguna, Instagram akan menampilkan kreator yang langsung menyiarkan langsung, melalui bagian "Live Now" dan juga di akhir sesi video. Sehingga pengguna bisa lebih mudah mencari konten yang sedang dalam pengerjaan.

Bantu Pembuat Konten Untuk Tetap Terhubung Dengan Komunitas

Gulungan Instagram

Dikutip dari Adweek, Instagram mengatakan, “Karena orang-orang semakin mengandalkan Instagram Live tahun ini untuk terlibat dengan komunitas mereka, kami ingin membantu orang-orang menemukan lebih banyak konten yang menarik bagi mereka, dari pembuat yang mereka ikuti dan yang tidak mereka ikuti. . "

Ini adalah peningkatan kesekian yang diluncurkan Instagram. Sekitar awal tahun 2020, diberikan opsi baru untuk menyimpan tayangan Instagram Live sebagai konten IGTV, sehingga penonton atau pengikut dapat melihatnya secara permanen.

Memang sudah saatnya mereka menambahkan fitur-fitur tersebut, dimana pengguna smartphone cenderung memilih mencari hiburan yang bisa disaksikan dari tangan mereka, terutama saat terjadi pandemi. Selain memudahkan kreator, Instagram tentunya berharap semakin banyak pengguna yang meluangkan lebih banyak waktu pada aplikasi tersebut.